Cara Mudah Membuat Video Slow Motion di Android

Video Slow Motion (Indonesia, Gerak Lambat) adalah video yang di lambatian dibawah 0 (nol) detik. Sebagai contoh yang saya lakukan dengan ponsel android saya yang bisa mengubah gerak video menjadi 4 detik/1 detik. Jadi setiap 1 detik yang dihasilkan dari rekaman asli akan dikalikan 4.

Untuk saat ini belum banyak produsen smartphone yang membuat fitur ini pada setiap kamera ponsel yang diproduksinya. Namun tenang saja, dibawah ini saya mempunyai dua cara untuk membuat video slow motion (gerak lambat) di Android.

MEMBUAT VIDEO SLOW MOTION DI ANDROID

Cara yang pertama adalah khusus untuk pengguna ASUS Zenfone. Caranya gampang.

Oh iya, ponsel ASUS yang saya pakai kali ini adalah varian termurah dari semua seri Zenfone. Ya, ASUS Zenfone 4.

Jika Anda ingin membuat video slow motion di Android ASUS Zenfone, maka update segera aplikasi PixelMaster anda melalui Play Store. Dengan memperbarui aplikasi ini maka Anda akan mendapatkan pembaharuan fitur baru Slow Motion (Gerak Lambat).

Menbuat video slow motion di ASUS

Cara kedua untuk semua pengguna ponsel android. Caranya pun simple dan juga mudah.

Pertama, download aplikasi VivaVideo di Google Play Store. Kali ini saya menggunakan versi pro dari aplikasi ini (berbayar) namun untuk anda yang mendownload versi gratis juga tidak masalah.

Setelah mendownload, pastikan kamu sudah menyiapkan video yang akan kamu buat slow motion di androidmu.

Persiapan sudah selesai, sekarang kita garap videonya. Kali ini saya menggunakan video pendek yang hanya berdurasi 4 detik.

Sekarang buka aplikasinya, dan pilih bagian edit.

membuat video slow motion di Android

Kemudian pilih video yang sudah kamu siapkan tadi. Setelah memilih videonya maka kamu akan dibawa ke tempat pemotongan video, potong seperlunya saja. Jika proses tidak kamu perlukan pilih "add" setelah itu video akan diproses menuju editing video page (halaman pengeditan video).

Selanjutnya pilih tab ketiga dari layar androidmu. (Lihat screenshot dibawah ini).
membuat video slow motion di Android

Lanjut lagi, pilih titik tiga.
membuat video slow motion di Android

Setelah kamu klik tombol tersebut maka akan ada tiga pilihan. Pilih nomor saru (clip speed).

Jika kamu klik clip speed (kecepatan klip) maka akan disuguhi pilihan kecepatan. Pilih 1/4 untuk paling lambat ada juga 1/2. Pilihlah sesuai keinginanmu. Jika sudah pilih "OK".

Kemudian jika sudah fixed simpan video tersebut dengan cara tekan tombol yang ada pojok kiri atas. Kemudian pilih "export to gallery". Maka video akan disimpan kedalam galerimu. Sebagai contoh kamu bisa lihat video saya di Youtube maupun Instagram.

Contoh video slow motion (android) hasil saya:


Untuk melihat video di Instagram saya bisa follow terlebih dahulu akun saya @simbahdedi. Disana ada video pendek slow motion saya.

Mungkin hanya itu dulu untuk tutorial membuat video slow motion di Android kali ini. Jangan lupa untuk share, like and comments post ya!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mudah Membuat Video Slow Motion di Android"