Cara Menambah Kecepatan fps (frame per second) Android Saat Bermain Game

Cara Menambah Kecepatan fps (frame per second) Android Saat Bermain Game - Beberapa hari belakangan ini saya sedang keasyikan dengan Grand Theft Auto IV. Game seperti itu merupakan genre kesukaan saya. Ada lagi beberapa game lain seperti Sleeping Dogs, Saint Row IV, True Crime, semuanya saya suka karena gameplay nya sama.

Setiap hari di waktu luang saya habiskan untuk menyelesaikan misi-misi yang diberikan oleh game-game itu, sekedar menghilangkan rasa lelah dan merefresh daya imajinasi supaya lancar mengerjakan tugas-tugas pemrograman yang seabrek banyaknya. Maklum, semester ini merupakan semester yang lumayan berat. Bisa disamakan perasaan saya dengan perasan para murid kelas 3 SMA yang sedang giat-giatnya belajar dan berdoa supaya lulus ujian nasional. Setiap saat dikejar perasaan was-was ditambah rasa capek kian menyelimuti tubuh saya ini.

Jujur saja, saya lebih senang bermain game di komputer daripada game Android. Saya masih ingat game Android yang saya mainkan terakhir hanyalah sebatas Flappy Bird yang pernah booming beberapa waktu yang lalu itu. Itu pun karena penasaran dan akhirnya saya pinjam smartphone milik teman saya yang sudah terinstall Flappy Bird. Hanya ingin tahu.

Bagi gamer kere seperti saya, demi permainan yang menyenangkan bebas lag, fps tinggi, saya akali dengan add-on seperti Game Booster. Sebetulnya laptop saya sudah cukup standard untuk bermain game berat walau hanya sebatas memainkannya saja. Saya memakai ASUS K45DR dengan prosesor AMD A8-4500M APU dual graphic ATI Radeon HD 7640G & 7470M.

Dengan prosesor seperti itu, Grand Theft Auto IV bisa saya mainkan dengan rata-rata 20fps dari hasil benchmark. Itu tanpa Game Booster. Dengan memakai Game Booster bisa saya dapatkan 25fps atau bahkan lebih.


fps, ditulis dengan huruf kecil, singkatan dari frame per second, adalah jumlah bingkai gambar perdetik. fps merupakan semacam satuan dari frame rate, sebuah pengukuran kinerja (benchmark) komponen kartu grafis pada komputer atau VGA card. Semakin tinggi nilai fps nya semakin tinggi kinerja teknologi yang digunakan pada kartu grafis tersebut. Semakin banyak hasil fps yang ditampilkannya, transisi gambar pada layar monitor pun tampak semakin mulus, tidak terputus-putus atau tersendat. Semakin detail desain grafik pada game tersebut, kartu grafis tersebut semakin ngos-ngosan dalam berusaha menampilkan gambar di layar monitor.

Sama halnya di komputer, pada Android juga ada istilah benchmark fps. Tergantung dari GPU, tiap jenis GPU Android memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam mengolah grafis.

Anda bisa mencoba ChainFire 3D (untuk Gingerbread) atau GLTools untuk menambah nilai frame per second Android anda. Cara lain yang juga mampu menambah kecepatan fps saat bermain game dengan menggunakan script Hyper Cola Package Installer.

Mengenai Hyper Cola Package Installer, adalah sebuah script yang dijalankan menggunakan Script Manager sebelum anda memainkan game Android. Script tersebut akan mengoptimalkan kinerja kernel dan ROM anda dengan tweak yang tertanam di Hyper Cola Package Installer sehingga bisa dipastikan performa smartphone akan bertambah, lebih bebas lag, dan dikabarkan dengan Hyper Cola Package Installer akan menambah fps lebih dari 15fps.

Anda bisa menuju ke official thread Hyper Cola Package Installer di XDA Developer, http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2404653.

Cara menggunakan Hyper Cola Package Installer,
  • Download dan install Script Manage untuk eksekusi package
  • Download dan install Terminal Emulator untuk mengaktifkan script
  • Download versi terakhir Hyper Cola Package Installer (HC_Package_Installer_1.6.sh.pdf)
  • Jalankan Hyper Cola Package Installer menggunakan Script Manager, tambahkan akses root
  • Ikuti perintah yang ada untuk menginstall
  • Selesai melakukan instalasi, reboot perangkat anda
 Pada waktu anda ingin memainkan sebuah game, buka Terminal Emulator terlebih dahulu lalu eksekusi perintah berikut :

su -c hyper

Terakhir, setiap kali anda selesai memainkan game, reboot perangkat Android anda untuk menghentikan script.

Sekian tutorial Cara Menambah Kecepatan fps (frame per second) Android Saat Bermain Game ini. Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal Android.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menambah Kecepatan fps (frame per second) Android Saat Bermain Game"

Posting Komentar