Iphone 6 S dan S Plus, "Raksasa" Baru Telah Datang

Spesifikasi, Harga dan Pembelian Iphone 6 S/Plus
Gambar Iphone 6 S dan S Plus

Iphone 6 S dan S Plus, DEDIINFO - Raksasa baru telah datang dipasar smartphone dunia. Kamis, 10 September 2015 atau tepatnya dinihari tadi keduanya telah diresmikan. Iphone 6 S dan S Plus ini diresmikan di San Fransisco, Amerika Serikat Rabu Siang waktu setempat. Keduanya akan menjadi duet baru yang akan "berperang" dipasar ponsel.

Phil Schiller, Senior Vice President Worldwide Marketing Apple menuturkan bahwa Iphone 6 S dan S Plus adalah paling menakjubkan yang pernah mereka buat. Secara fisik, kedua smartphone ini dibalut menggunakan aluminium alloy terbaru dan terdiri dari empat varian warna yaitu, abu-abu, emas, silver dan juga merah jambu keemasan.

Dari segi ukuran, iPhone 6 S menggunakan layar 4,u inci dan 5,5 inci pada iPhone 6. S Plus.

Ada teknologi baru yang dikenalkan oleh Apple pada iPhone terbarunya ini yaitu 3D Touch atau Force Touch yang sebelumnya dikenalkan juga di Apple Watch. Dengan fungsi dari 3D Touch ini pengguna bisa melakukan sentuhan ringan untuk suatu fitur dan juga sentuhan yang lebih kuat untuk fitur lainnya. Selain itu, 3D Touch juga memungkinkan pengguna untuk memiliki fitur "klik kanan" layaknya pada komputer.

Tidak seperti pada ponsel android kebayakan, iPhone 6 S dan S Plus menggunakan prosesor produksi Apple sendiri yaitu chipset A9. Prosesor ini klaim 70 persen lebih cepat dari pendahulunya A8. Untuk masalah grafis, juga diklaim bahwa 90 persen lebih cepat.

Pada sektor kamera, Apple melakukan perubahan yang sangat signifikan. Sebelumnya pada iPhone 4s hanya diterapkan sensor kamera 8 MP. Namun pada iPhone 6 S kali ini mempunyai resolusi kamera hingga 12 MP. Kamera depannya juga lumayan, yaitu 5 MP.

Spesifikasi iPhone 6 S dan S Plus

Dari awal sampai saat ini saya sudah membahas sekilas tentang spesifikasi dari iPhone 6 S ini. Sekarang kita akan kupas lebih dalam lagi.

CEO Apple Tim Cook menyebutkan bahwa duet iPhone S ini adalah smartphone paling spektakuler yang pernah mereka luncurkan.  Beberapa fitur baru seperi 3D Touch,  Prosesor A9, dan iSight camera yang diyakini akan menjadi  andalan mereka.

Jika kita melihat iPhone 6 S dan S Plus ini memang terlihat sama. Hanya ukuran 4,7 inci pada iPhone 6 S dan 5,5 inci pada S Plus. Keduanya juga sama-sama dibalut menggunakan aluminium alloy dan  pelindung kayar loN-X teranyar. Tapi perbedaan antara keduanya akan tampak jika ditelisik lebih jauh.

  • 3D Touch
Dengan 3D Touch ini seperti yang sudah saya katakan diatas, pengguna bisa melakukan sentuhan ringan untuk fitur tertentu dan sentuhan lebih keras juga akan memunculkan fitur yang berbeda. 

Selain itu sesuai namanya, pengguna bisa melakukan  sentuhan layar dari berbagi sisi atau multitouch.  Pengguna juga bisa melakukan "klik kanan" sebagai mana yang anda lakukan diperangkat desktop anda kedalam iPhone 6 S dan S Plus ini.

Schiller juga mengklaim bahwa 3D Touch ini adalah terobosan baru yamg luar biasa. Tak hanya tap, swipe dan juga pinch. Namun pengguna bisa melakukan fungsi baru Peek dan Pop.

Kedua fungsi itu berguna untuk menampilkan pratinjau segala macam konten. Bahkan pengguna bisa melakukan berbagai hal diatasnya.

  • Kamera Isight 12 MP
Perubahan yang sangat agresif dilakukan Apple dalam sektor kamera juga. Duet iPhone 6 S dan S Plus ini mempunyai resolusi yang sama yaitu 12 MP. Sebelumnya, pada iPhone 4 S sampai iPhone 6 hanya menggunakan kamera beresolusi 8 MP.

Walaupun peningkatan dilakukan secara signifikan, kamera iPhone secara  besaran piksel masih kalah dengan kamera android dengan kamera 20 MP. Tetapi Apple tidak bersaing pada indikator piksel melainkan kualitas gambar dan juga low-light.

Tak berhenti disitu, iPhone 6 S dan S Plus ini juga dibekali layar yang mempunyai akses 4k video ditambah lagi dengan tampilan retina yang diklaim mempunyai pengalaman menonton video yang lebih nyata.

  • Daftar Spesifikasi iPhone 6 S dan S Plus
Spesifikasi iPhone 6 S iPhone 6 S Plus
Tebal: 67 mm 77,9 mm
Berat: 143 gram 192 gram
Layar: 4,7 inci, Retina Display, Video Resolusi 4k 5,5 inci, Retina Display, Video Resolusi 4k
Prosesor: 64-bit A9 chip M9 motion coprocessor 64-bit A9 chip M9 motion coprocessor
Penyimpanan: 16/64/128 GB 16/64/128 GB
Kamera: 12 megapiksel (depan) dan 5 megapiksel (belakang) kamera iSight 12 megapiksel (depan) dan 5 megapiksel (belakang) kamera iSight
Konektivitas: Wi-Fi dan LTE Advance Wi-Fi dan LTE Advance
Sensor: 3D Touch dan Touch ID 3D Touch dan Touch ID
System Operasi: iOS 9 iOS 9


Harga iPhone 6 S dan S Plus

Berikut ini adalah daftar harga iPhone terbaru semua versi, yaitu versi 16, 64 dan 128 GB.

Untuk iPhone 6 S:

  • 16 GB: 649 dollar AS (sekitar Rp 9,2 juta) 
  • 64 GB: 749 dollar AS atau Rp 10,7 juta
  • 128 GB: 849 dollar AS (sekitar Rp 12,1 juta)
Untuk iPhone 6 S Plus:
  • 16 GB: 749 dollar AS (sekitar Rp 10,7 juta)
  • 64 GB: 849 dollar AS (sekitar Rp 12,1 juta)
  • 128 GB: 949 dollar AS (Rp 13,5 juta )
Sumber harga: Kompas

Pemesanan bisa anda lakukan mulai tanggal 12 September 2015 nanti. Sedangkan penjualan perdana di toko-toko ritel Apple akan segera digelar pada Jumat tanggal 25 September.

Beberapa negara yang pertama akan mencicipi kedua smartphone ini Australia, Kanada, China, Perancis, Jerman, Hong Kong, Jepang, Selandia Baru, Puerto Rico, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat. Untuk 130 negara lainnya bisa mencicipi iPhone terbaru ini akhir tahun nanti. Semoga Indonesia termasuk didalamnya.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Iphone 6 S dan S Plus, "Raksasa" Baru Telah Datang"

  1. iphone makin canggih aja nih, tapi harganya kurang bersahabat sama ane gan

    BalasHapus
  2. kapan ya ane punya HP kek gituh?

    BalasHapus
  3. Canggih iphone,, tpi sayang harganya lumayan ngeler

    BalasHapus