Memperbaiki Bootloop Karena Ganti Font Android

Memperbaiki Bootloop Karena Ganti Font Android
Memperbaiki Bootloop Karena Ganti Font Android - Update 17 Agustus 2014, update link dan revisi.

Ganti font berakibat bootloop mungkin saja terjadi. Biasanya hal ini dialami oleh kebanyakan pengguna Android Ice Cream Sandwich atau Jelly Bean. Dibanding dengan user Gingerbread, problem nya lebih banyak di ICS keatas.

Yakni kasusnya sama seperti yang dialami oleh salah seorang pelanggan saya. Menjelang maghrib tadi ia datang kerumah dengan membawa Xperia Tipo berwarna putih tanpa memori eksternal disertai sebuah kabel data USB yang ia genggam sejak baru bertemu dengan saya.

Entah apa maunya, apa ia minta flashing ulang karena bootloop akibat ganti font atau minta ROM Android nya dibackup saya kurang paham yang jelas Tipo nya bootloop dan ia meminta saya untuk memperbaikinya.

Sebetulnya cara memperbaiki bootloop karena ganti font Android itu mudah. Jangan terburu melakukan flashing ulang bahkan Wipe Data. Tanpa dua hal tadi, ada cara yang lain yang pastinya tidak merugikan anda sama sekali.

Masih ingat dengan artikel soal Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System? Disana saya sebut bahwa ada sebuah ZIP Installer bernama Simple Flashable Restore V1 ecek-ecekan editan saya sendiri yang fungsinya sebagai file injector Android. Kita bisa memasukkan file apa saja kedalam system Android dengan ZIP Installer tersebut.

Kaitannya dengan memperbaiki bootloop karena ganti font Android, secara prinsip kalau font nya diganti otomatis konfigurasi di Android berubah memakai font yang baru. Sedangkan font yang baru itu tadi saja tidak bisa sinkron dengan system Android sehingga berakibat bootloop.

Maka dari itu, dengan Simple Flashable Restore V1 kita inject ulang saja font inti nya. Yaitu Roboto-Regular.ttf.

Font Roboto-Regular.ttf yakni font standard bawaan Android. Dengan masuknya font Roboto-Regular.ttf ke system Android, maka konfigurasi font nya akan berubah lagi seperti semula, menimpa font yang membuat Android tersebut bootloop.

Merubah font Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean tidak bisa sembarangan. Hal itu pernah saya bahas di Tutorial Cara Mengganti Font Android Jelly Bean. Font Android dengan font biasa classification nya berbeda. Sebetulnya hanya itu permasalahannya yang mengakibatkan bootloop (terkecuali untuk Gingerbread). Bila ini terjadi kepada Anda, silahkan flash font Roboto-Regular.ttf menggunakan Simple Flashable Restore V1. Font tersebut bisa anda ambil dari ROM / Custom ROM apa saja. Cara flashing nya, yang pasti harus ada CWM Recovery. Beres :)

Untuk memudahkan Anda yang mengalami bootloop setelah merubah font Android, berikut ini merupakan Font Recovery yang bisa Anda flash melalui recovery mode.

Didalam Font Recovery tersebut terdapat font Roboto-Regular.ttf original yang tentunya compatible digunakan di ponsel Android apapun.

Download Font Recovery (147.7KB) disini.

Semoga membantu. Bila ada yang masih kurang paham bisa langsung ditanyakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memperbaiki Bootloop Karena Ganti Font Android"

Posting Komentar