Apakah RAM Android Bisa Ditambah Atau Dinaikkan?

Apakah RAM Android Bisa Ditambah Atau Dinaikkan?
Apakah RAM Android Bisa Ditambah Atau Dinaikkan? - Bukan kali pertama ini saya jumpai pertanyaan seperti diatas. Terakhir kemarin sore ketika saya check Real-Time menu pada Google Analytic. Disana pada peringkat keempat Top Keywords tertulis "apa ram samsung galaxy young bisa d tambah". Entah bagaimana pertanyaan singkat tersebut bisa muncul yang jelas ia nyasar ke salah satu artikel blog ini.

Lucu memang. Keyword-keyword semacam itu sering keluar dengan membawa nama-nama ponsel Android terdahulu seperti Samsung Galaxy Young, Samsung Galaxy Mini, Xperia X10 Mini, dan lainnya. Mungkin saking smartphone di era itu memiliki spesifikasi yang kurang, para pengguna mencari cara bagaimana Android nya bisa tahan awet dalam arti gahar seperti Android masa kini.

Secara 'realistis' sekarang belum ada yang bisa menambah RAM di Android dikarenakan anda tahu sendiri bukan sebagai perangkat yang memiliki ukuran kecil dan salah satu fungsi utamanya untuk berkomunikasi, smartphone Android tidak perlu di build-up seperti komputer pada umumnya.

Mungkin benar RAM Android itu memang bisa dimaksimalkan (dengan kata lain bukan ditambah). Beberapa cara diantaranya dengan teknik yang banyak beredar selama ini yaitu dengan ZRAM maupun Swap File.

Pada tutorial Cara Menambah Kapasitas Memori RAM Android, disana saya katakan bahwa pada dasarnya menambah kapasitas RAM Android bukan berarti mengganti RAM internal yang sudah ada. Itu sangat mustahil (kecuali untuk smartphone yang lagi booming belakangan ini yang katanya bisa build-up spec hardware itu). Jadi jika RAM internal Android anda misal sebatas 512MB, tidak bisa anda minta dinaikkan ke 2GB.

ZRAM dan Swap File termasuk dalam kategori virtual memory. Anda tidak akan mendapati kapasitas RAM yang bertambah pada kedua teknik ini. Sebelumnya, virtual memory itu anggap saja sebuah RAM bayangan dan bukan RAM inti. Fungsi kerjanya hanya untuk menopang kinerja RAM internal supaya berjalan mulus.

Anda mengenal Linux? Jika ya, sudah pasti kenal dengan yang namanya Swap. Android masih satu kernel dengan Linux. Anda bisa memanfaatkan kapasitas memori eksternal untuk dijadikan Swap File yang bisa digunakan untuk virtual memory. Cara ini lebih efektif jika dibandingkan dengan ZRAM karena jika Swap File memakan space memori eksternal, ZRAM memangkas space RAM internal anda. Sekali lagi, memangkas space RAM internal Android anda.

Apakah RAM Android Bisa Ditambah Atau Dinaikkan?
"apa ram samsung galaxy young bisa d tambah" (Google Analytic)

Jadi itu saja yang dapat saya sampaikan. Kesimpulannya,

secara realistis RAM internal Android tidak / belum bisa dinaikkan dan ditambah, namun bisa dimaksimalkan. Langkah umumnya dengan menggunakan ZRAM dan juga Swap File.

Anda bisa membaca cara memakai ZRAM di tutorial Cara Menambah RAM di Android Dengan ZRAM dan Cara Menambah RAM di Android Dengan Swap File jika anda ingin mengetahui cara memakai Swap.

Sebagai catatan, untuk menggunakan ZRAM / Swap File, kernel Android anda sudah harus support Swap. Jika tidak, biasanya meski tutorialnya sudah anda praktikkan, ketika anda check di Terminal Emulator dengan mengetik 'free' (tanpa tanda petik), Swap nya akan tetap terisi 0 (tidak bekerja).

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah RAM Android Bisa Ditambah Atau Dinaikkan?"

Posting Komentar