Mengembalikan Aplikasi Bawaan System Android yang Hilang

Mengembalikan Aplikasi Bawaan System Android yang Hilang - Update artikel 20 Juni 2014, revisi.

Sering kali ada kendala yang kerap terjadi yang dialami oleh kebanyakan user Android. Diantaranya merupakan hal yang sepele seperti lock pattern yang tidak bisa dibuka padahal gesture nya sudah benar, kondisi baterai yang selalu penuh 100% sepanjang hari, foto-foto di galeri yang tidak nampak padahal folder foto nya ada dan sudah benar, dan lain-lain.

Sebetulnya hal itu wajar-wajar saja terjadi karena pada dasarnya setiap sistem operasi itu memiliki bug apa lagi pada sistem operasi open source. Oleh karena itu dalam jangka waktu tertentu sistem operasi selalu melakukan update untuk memperbaiki error yang masih belum terselesaikan sekaligus biasanya menambah fitur-fitur baru untuk menarik perhatian pengguna.

Selain itu, salah satu error yang juga familiar yang sering kali didapati oleh user Android yakni hilangnya aplikasi bawaan system Android tanpa sebab yang jelas. Kasusnya seperti yang baru saja dialami oleh salah seorang yang mengirimi saya pesan di WhatsApp.

Melalui ulasan dibawah ini akan saya jelaskan sedikit mengenai mengembalikan aplikasi bawaan system Android yang hilang, yang secara keseluruhan saya bagi menjadi tiga point inti.

Ketiga point dibawah ini merupakan hasil dari pengamatan setelah melakukan uji trial and error beberapa saat dan juga dari hasil diskusi dengan beberapa sumber. Silahkan disimak.

1. Aplikasi Android Hilang karena Data / Cache / Dalvik Cache / Temporary File

Pada beberapa kasus, temporary file selain membuat memori Android kita terkuras habis juga bisa menyebabkan aplikasi crash. Yang paling parah yang pernah saya alami, dalvik cache bisa 'menyembunyikan' aplikasi bawaan Android.


Dalvik Cache merupakan temporary file yang akan terus menerus menumpuk di setiap kali kita membuka / menggunakan sebuah aplikasi Android.

Cara mengatasi problem ini (Android v4.0) sangat mudah. Yang harus kita lakukan yaitu menghapus cache tersebut.

Silahkan masuk ke Settings lalu pilih Apps, geser ke ALL dan pilih app mana yang hilang kemudian buka dan pilih Clear Data.

Mengembalikan Aplikasi Bawaan System Android yang Hilang

2. Aplikasi Android Hilang karena Dihapus / Terhapus

Yang ini sudah jelas jika hilangnya bukan karena apa melainkan karena siapa. Jangan sampai anda mengeluh aplikasi bawaan anda hilang entah kemana perginya padahal hilangnya karena sudah dihapus.

Cara mengembalikan aplikasi Android yang dihapus, tinggal di inject lagi app nya ke dalam /system/app/ kemudian jangan lupa untuk merubah permissions nya.

Mengembalikan Aplikasi Bawaan System Android yang Hilang

3. Aplikasi Android Hilang karena Crash dengan Aplikasi Lain

Aplikasi Android bisa hilang karena crash dengan aplikasi-aplikasi lain. Biasanya aplikasi lain tersebut merupakan aplikasi-aplikasi yang serupa tapi tak sama dalam arti fungsinya yang sama. Biasanya lagi, aplikasi-aplikasi ini merupakan aplikasi yang menggunakan akses Superuser.

Solusinya, pertama check dulu apakah crash nya menyebabkan kedua-duanya menjadi hilang atau tidak. Kalau memang iya, hapus salah satu dari kedua app tersebut.

Kedua, check apakah crash nya menyebabkan salah satu APK di system hilang. Kalau iya, maka artinya salah satu app yang hilang itu tertumpuk dengan aplikasi yang sekarang ada.

Bagaimana dengan masalah anda? Apakah tutorial singkat ini sama dengan apa yang anda alami sekarang ini?

Rata-rata dari mereka yang mengalami kasus ini mengarah pada point kedua. Aplikasi system Android jika sudah dihapus tidak bisa di install lagi karena aplikasi system itu bukan lah aplikasi installer. Cara agar aplikasi system bisa terinstall lagi dengan cara meng-inject secara manual kedalam folder /system/app/, dan untuk cara inject nya bisa dengan flashable zip yang anda buat sendiri lalu kemudian di install melalui recovery mode (baca Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System) atau menggunakan bantuan tool seperti Android Commander (baca Cara Mudah Membuka System Android Melalui PC).

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengembalikan Aplikasi Bawaan System Android yang Hilang"

Posting Komentar